SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI



Nama : Suhartini
Nim : 209220037
Kelas : 2a pendidikan anak usia dini
Mata kuliah : Dasar Dasar AUD

Dari pemateri kelompok 2 yang dapat saya Ambil adalah sebagai berikut
Sejarah PAUD di Indonesia Berdirinya kindergarten dikenal juga sebagai Froebel School berpengaruh terhadap perkembangan PAUD di seluruh dunia. Konsep kindergarten dengan cepat menyebar ke seluruh 
penjuru dunia. Kemudian PAUD versi lain pun bermunculan. Seiring dengan kebangkitan nasional yang diawali berdirinya Budi Utomo, kesadaran akan 
pentingnya pendidikan bagi kaum bumi putera semakin dirasakan. Froebel School yang awalnya diperuntukkan bagi anak-anak keturunan Belanda, Eropa dan Bangsawan, mulai dikenal oleh 
cendikiawan muda pribumi
a. Periode 1945-1965
Periode ini ditandai dengan berdirinya Yayasan Pendidikan Lanjutan Wanita.
b. Periode 1965-1998
Ditandai dengan diperkenalkannya silabus kurikulum baru tahun 1968. Pada bulan 
November 1968 pemerintah Indonesia berkerja sama Pada 
tahun 1970 mulai kerjasama nyata antara pemerintah dengan GOPTKI, IGTKI, dan PGRI.
c. Periode 1998-2003
 pemerintah mulai mendukung berkembangnya PAUD 
jalur pendidikan nonformal dalam bentuk kelompok bermain, taman penitipan anak, dan satuan 
PAUD sejenis dalam bentuk pengintegrasian layanan PAUD dengan Posyandu.
d. Periode 2003-2009 
 Periode ini ditandai dengan keluarnya UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan 
Nasional yang merupakan jawaban atas tuntutan reformasi dalam semua aspek kehidupan
e. Periode 2010 – Sekarang
 Pada periode ini ditandai dengan kebijakan penggabungan pembinaan PAUD formal dan 
nonformal di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI) melalui PP No. 
24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kementrian Negara Republik 
Indonesia sebagaimana diubah dangan PP No. 67 Tahun 2010. Pada perjalanan sejarah pembinaan 
PAUD di Indonesia, akhirnya sebagai karakteristiknya yang meliputi TK, RA, KB, TPA, Satuan 
PAUD Sejenis serta PAUD berbasis keluarga atau lingkungan.