SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Nama : Suhartini
Nim : 209220037
Kelas : 2a pendidikan anak usia dini
Mata kuliah : Dasar Dasar AUD
Dari pemateri kelompok 2 yang dapat saya Ambil adalah sebagai berikut
Sejarah PAUD di Indonesia Berdirinya kindergarten dikenal juga sebagai Froebel School berpengaruh terhadap perkembangan PAUD di seluruh dunia. Konsep kindergarten dengan cepat menyebar ke seluruh
penjuru dunia. Kemudian PAUD versi lain pun bermunculan. Seiring dengan kebangkitan nasional yang diawali berdirinya Budi Utomo, kesadaran akan
pentingnya pendidikan bagi kaum bumi putera semakin dirasakan. Froebel School yang awalnya diperuntukkan bagi anak-anak keturunan Belanda, Eropa dan Bangsawan, mulai dikenal oleh
cendikiawan muda pribumi
a. Periode 1945-1965
Periode ini ditandai dengan berdirinya Yayasan Pendidikan Lanjutan Wanita.
b. Periode 1965-1998
Ditandai dengan diperkenalkannya silabus kurikulum baru tahun 1968. Pada bulan
November 1968 pemerintah Indonesia berkerja sama Pada
tahun 1970 mulai kerjasama nyata antara pemerintah dengan GOPTKI, IGTKI, dan PGRI.
c. Periode 1998-2003
pemerintah mulai mendukung berkembangnya PAUD
jalur pendidikan nonformal dalam bentuk kelompok bermain, taman penitipan anak, dan satuan
PAUD sejenis dalam bentuk pengintegrasian layanan PAUD dengan Posyandu.
d. Periode 2003-2009
Periode ini ditandai dengan keluarnya UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional yang merupakan jawaban atas tuntutan reformasi dalam semua aspek kehidupan
e. Periode 2010 – Sekarang
Pada periode ini ditandai dengan kebijakan penggabungan pembinaan PAUD formal dan
nonformal di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUDNI) melalui PP No.
24 Tahun 2010 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kementrian Negara Republik
Indonesia sebagaimana diubah dangan PP No. 67 Tahun 2010. Pada perjalanan sejarah pembinaan
PAUD di Indonesia, akhirnya sebagai karakteristiknya yang meliputi TK, RA, KB, TPA, Satuan
PAUD Sejenis serta PAUD berbasis keluarga atau lingkungan.