PENDEKATAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI


Nama : Suhartini
Nim : 209220037
Kelas : 2a piaud
Mata kuliah : dasar dasar paud

Dari materi kelompok 6 yg dijelaskan sebagai berikut:
Prinsip-prinsip Pendekatan Pembelajaran
1.Berorientasi pada kebutuhan anak Contohnya untuk melatih perkembangan fisik maupun psikis (intelektual, bahasa, motorik, dan sosial emosional).
2. Belajar Sambil Bermain
Untuk pendidikan AUD Biasanya menyusun balokk menjadi menaraa tinggi, Anak usia dini dapat belajar Balok kotak persegi panjang, segitiga, bermainnya ia dapat menyusun jdi menara
3.Kreatif dan Inovatif
Pada pembelajaran AUD biasanya guru di tekankan akan kreatifitas dan inovatif, contoh mencetak/membatik dengan menggunakan media pelepah pisang.
4. Lingkungan kondusif 
Lingkungan fisik hendaknya memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak bermain.
5.Tema
6.Mengembangkan Keterampilan Hidup
7.Menggunakan Pembelajaran Terpadu

E.   Pembelajaran pada anak usia dini
         Pembelajaran pada anak usia dini pada hakikatnya adalah pengembangan kurikulum secara konkret. Pengembangan kurikulum berupa seperangkat rencana yang berisi sejumlah pengalaman belajar melalui bermain yang diberikan pada anak usia dini berdasarkan potensi dan tugas perkembangan yang harus dikuasai anak usia dini. Ini dalam rangka pencapaian kompetensi yang dimiliki anak.
1. Tema dan program pengembangan
2. Pengaturan ruang kelas
3. Pemilihan materi
4. Pemilihan metode
5. Pemilihan media

F.   Pengelompokan pendekatan pembelajaran anak usia dini
a.Pengertian pembelajaran bebas
        Pembelajaran bebas merupakan suatu strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna kepada anak.
b.Pengertian Pembelajaran Terpimpin
     Pembelajaran terpimpin merupakan strategi sepenuhnya dikendalikan guru.
c.Pengertian Pembelajaran Kondusif (Supportive Climate)
      Pembelajaran kondusif merupakan kombinasi antara suasana pembelajaran bebas dengan suasana pembelajaran terpimpin.