HAKIKAT BELAJAR ANAK USIA DINI
Nama : Suhartini
Nim : 209220037
Kelas : 2a pendidikan AUD
Rangkuman dari kelompok 4 Yang saya dapatkan yaitu Tentang Hakikat pembelajaran AUD
1.HAKIKAT PENDEKATAN PEMBERAJARAN AUD
Pendidikan anak usia dini sangat penting dilakukan karna dalam
pendidikan tersebut merupakan dasar bagi pembentukan kepribadian manusia,
sebagai peletak dasar budi pekerti luhur, kepandaian, dan keterampilan selama
tahun-tahun pertama otak bayi berkembang sangat pesat dimana
menghasilkan betriliun-triliun sambungan antar selmulasi dan semakin sering
digunakan.
Namun sebaliknya akan melemah bahkan musnah apabila tidak pernah
diberikan stimulasi dan tidak pernah digunakan daam proses kognitif.
a.Pendekatan High/Scope
b. Pendekatan Beyond Centre And Circle Time/BCCT
c.Pendekatan Reggio Emilia Approach/REA
2.HAKIKAT PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK
Pembelajaran bagi anak Usia Dini termasuk TK di dalamnya memiliki
kekhas-an tersendiri. Kegiatan pembelajaran di TK mengutamakan bermain
sambil belajar dan belajar sambil bermain. Secara alamiah bermain memotivasi
anak untuk mengetahui sesuatu lebih mendalam, dan secara spontan anak
mengembangkan kemampuannya. Bermain pada dasarnya mementingkan
proses daripada hasil. "Bermain merupakan wahana yang penting untuk
perkembangan sosial, emosi, dan kognitif anak yang direfleksikan pada
kegiatan". Bredecamp (1997).
3.Model pembelajaran AUD
Model adalah suatu objek atau konsep yang digunakan untuk
merepresentasikan sesuatu pembelajaran adalah suatu kegiatan yang berupa
membelajarkan siswa secara terintegrasi dengan memperhitungkan faktor
lingkungan belajar, karakteristik siswa, karakteristik bidang studi serta berbagai
strate pembelajaran, baik penyampaian, pengelolaan, maupun
pengorganisasian pembelajaran.
a.Model pembelajaran klasikal
b.Model pembelajaran kelompok
c. Model pembelajaran berdasarkan sudut-sudut kegiatan
d. Model pembelajaran area
e. E. Model pembelajaran Seling (BCCT)