HAKIKAT BELAJAR ANAK USIA DINI


Nama : Suhartini
Nim : 209220037
Kelas : 2a pendidikan AUD

Rangkuman dari kelompok 4 Yang saya dapatkan yaitu Tentang Hakikat pembelajaran AUD

1.HAKIKAT PENDEKATAN PEMBERAJARAN AUD
Pendidikan anak usia dini sangat penting dilakukan karna dalam 
pendidikan tersebut merupakan dasar bagi pembentukan kepribadian manusia, 
sebagai peletak dasar budi pekerti luhur, kepandaian, dan keterampilan selama 
tahun-tahun pertama otak bayi berkembang sangat pesat dimana 
menghasilkan betriliun-triliun sambungan antar selmulasi dan semakin sering 
digunakan.
Namun sebaliknya akan melemah bahkan musnah apabila tidak pernah 
diberikan stimulasi dan tidak pernah digunakan daam proses kognitif. 
 a.Pendekatan High/Scope
 b. Pendekatan Beyond Centre And Circle Time/BCCT
c.Pendekatan Reggio Emilia Approach/REA

2.HAKIKAT PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK 
Pembelajaran bagi anak Usia Dini termasuk TK di dalamnya memiliki 
kekhas-an tersendiri. Kegiatan pembelajaran di TK mengutamakan bermain 
sambil belajar dan belajar sambil bermain. Secara alamiah bermain memotivasi 
anak untuk mengetahui sesuatu lebih mendalam, dan secara spontan anak 
mengembangkan kemampuannya. Bermain pada dasarnya mementingkan 
proses daripada hasil. "Bermain merupakan wahana yang penting untuk 
perkembangan sosial, emosi, dan kognitif anak yang direfleksikan pada 
kegiatan". Bredecamp (1997).

3.Model pembelajaran AUD
Model adalah suatu objek atau konsep yang digunakan untuk 
merepresentasikan sesuatu pembelajaran adalah suatu kegiatan yang berupa 
membelajarkan siswa secara terintegrasi dengan memperhitungkan faktor 
lingkungan belajar, karakteristik siswa, karakteristik bidang studi serta berbagai 
strate pembelajaran, baik penyampaian, pengelolaan, maupun 
pengorganisasian pembelajaran.
a.Model pembelajaran klasikal
b.Model pembelajaran kelompok
c.  Model pembelajaran berdasarkan sudut-sudut kegiatan 
d. Model pembelajaran area
e. E. Model pembelajaran Seling (BCCT)